Senin, 08 Agustus 2011

Sour Cream Cheesecake

Adonan dasar:
125 g biskuit manis (biskuit mari atau biskuit rasa vanila)
50 g mentega, lelehkan
150 g bluberi beku, haluskan dengan blender
Adonan atas:
250 g keju cottage
250 g keju krim (cream cheese)
2 sdt kulit jeruk lemon parut
175 g gula kastor (gula pasir bebutir halus)
3 butir telur
125 g krim asan (sour cream)
60 ml air jeruk lemon
100 g bluberi segar untuk hiasan
Cara Membuat Sour Cream Cheesecake:
  1. Taruh loyang bongkar pasang berdiameter 22 cm dan tinggi 7 cm di atas loyang datang. Alasi dengan kertas roti yang sudah dioles mentega. Sisihkan.
  2. Adonan dasar: Proses biskuit menggunakan food processor hingga hancur menyerupai pasir. Masukkan mentega, proses hingga tercampur rata. Matikan food processor. Tuang adonan ke dalam loyang lalu ratakan di dasar dan sisi loyang. Taruh loyang berisi adonan di atas loyang datar, simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  3. Adonan atas: Saring keju Cottage, tambahkan keju krim, kulit jeruk parut, dan gula pasir. Kocok dengan bantuan mixer berkecepatan sedang hingga lembut. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok hingga rata. Tuangi sour cream dan air jeruk lemon.
  4. Panaskan oven bersuhu 180°C, sisihkan.
  5. Keluarkan adonan dasar dari kulkas, tuangi adonan atasnya dan tuangi bluberi halus, aduk sedikit agar terbetuk pola bluberi. Panggang dalam oven panas selama 1 jam. Matikan api oven, buka tutup oven, biarkan cheesecake dalam oven terbuka hingga cheesecake dingin.
  6. Keluarkan cheesecake dari oven, simpan di kulkas selama 3 jam atau semalaman. Keluarkan cheesecake, tutup dengan bluberi segar. Potong-potong, sajikan dingin.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger news